Mengenai Saya

Foto saya
Aku hidup dalam perasaan tentang cinta, keadilan, dan kebenaran. Tersayat oleh kebutaan dunia, terguncang oleh ketidakpekaan rasa, terpaku oleh hati yang membeku.

Rabu, 21 Mei 2008

Lempar Bau Sembunyi Malu

Mas Parno pusing tujuh keliling. Sudah beberapa kali penampilan, para penari yang tergabung di kelompok kesenian kuda lumpingnya sepertinya tampil tanpa "greget". Bahkan, untuk acara kesurupanpun, mereka tak lagi menampakkan perfomance yang sebenarnya. Boleh dikata, penampilan groupnya begitu "letoy".

"Kenapa kalian tampil "angot-angotan" seperti itu?", tanya Mas Parno. Yang ditanya, para penarinya itu, takl satupun menjawab. Justru wajah mereka bersungut-sungut. "Brengsek!", kata Mas Parno dalam hati.

"Mas, mereka itu begitu karena didalangi oleh Den Parjo!", kata Jaipo,deputi Mas Parno, lirih.Mas Parno tersengat. Jaipo adalah bekas deputinya terdahulu. "Wah, bener-bener, nih, si Jaipo!", dengus Mas Parno.

Kebetulan, hari ini tiba acara rutin, yaitu pembagian jatah bulanan. Mas Parno tak mau menyia-nyiakan kesempatan itu.

"Hem...hem.....!"
"Anak-anak, seperti biasa ini hari bahagia kalian. Tapi sayang, jatah untuk kalian kali ini akan saya kurangi sebab pemasukan kita juga berkurang. Semua itu karena ulah kalian juga. Merasa atau tidak, beberapa waktu ini kalian bermain tanpa jiwa. Lemes. Letoy!Apa yang bisa diharapkan dari tingkah kalian seperti itu......!"

"Pemimpin kok marah!", gerutu anak buahnya.
"Pemimpin kok cengeng!"
"Pemimpin kok "njelehi(memuakkan)", gitu aja ngeluh!"
"Kita nggak perlu pemimpin seperti itu.Kita perlu pemimpin yang tegas, berani, cerdas, memahami rakyatnya, tidak pernah menyalahkan orang lain,bukan pemimpin yang hanya bisa.Bisa bohong, bisa berjanji, bisa menyanyi, dan bisa lempar bau sembunyi 
malu........"
"Ha...ha....ha....ha.....ha....ha......."

Dan suara itu semakin riuh. Suara Mas Parno tak lagi terdengar, tertimbun oleh keriuhan itu. Hanya matanya yang masih melotot saja.Entah hidup atau sudah mati!

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Mas Parno..mas Parno..

hehe..

Salam kenal!